Saturday 6 June 2015

bisnis untuk kalangan anak kuliah

Pilihan Bisnis untuk anak Kuliah


Pilihan Bisnis untuk anak Kuliah
Kejar Impian Pilihan Bisnis untuk anak Kuliah  ~ Berbagi pengalaman tentang bisnis yang pernah aku jalanin selama kuliah, dari semester awal kuliahan pengen banget merintis bisnis tapi selalu bingung bisnis apa yang bisa di jalankan oleh anak kuliahan dengan modal terbatas,

berikut adalah bisnis yang pernah aku jalanin semasa kuliah :

 1. Bisnis pulsa

Bisnis pertama yang aku lakukan semasa kuliah adalah bisnis pulsa, dimana untuk memulainya hanya perlu deposit pulsa sebesar 100rb. Dengan keuntungan setiap transaksi 500-1000 rupiah. Jika ada 10 yang isi pulsa 10rb keuntungan bisa sampai 10rb juga untuk 10x transaksi dengan modal deposit 100rb.

Keuntungan bisnis Pulsa Elektrik :
•    Modal terjangkau
•    Setiap orang membutuhkan pulsa
•    Modal handphone yang bisa sms

Kekurangan bisnis pulsa all operator bagi ku :

•     Kendala jika di hutangin pembeli
•     Modal untuk membeli deposit berkurang
•     Keuntungan relatif kecil
•     Diriku malah jadi lebih sering isi pulsa untuk diri sendiri
Dan akhirnya bisnis ini aku jalanin hanya selama 3 bulan :D


2. Bisnis Print-an

Bermodalkan printer yang dibelikan oleh orang tua, aku mencari cara bagaimana untuk membeli kertas dan tinta aku tidak mengeluarkan dari duit bulanan ku, akhir nya aku hitung-hitungan dengan print-an di rental2 dengan kampus, mereka memasang tariff  Rp. 300,- / Lembar. Jika dihitung untungnya sangat menggiurkan. Tapi untuk menarik pelanggan di kosan ku, aku memasang tariff Rp.200/ lembar juga tidak memerlukan biaya lain seperti sewa tempat, semua aku lakukan di kamar kosan, di waktu senggang ku. ^_^ aku menyediakan print hitam putih, warna dan print foto. Hasil nya lumayan aku pernah dapat project dengan keuntungan hingga 200rb, tapi itu harus print 500 lembar warna dan  tinta print-an ku akhirnya soak. :D

3. Bisnis Pre-Order

Nah ini bisnis yang sangat membantu ku saat kuliah, walau awal nya mengalami kerugian hingga 500rb. Tapi aku tidak kapok, aku pelajari lagi dari awal dan memulai lagi bisnis ini. Bisnis ini berhubungan dengan hobi ku edit- meng edit foto (desain), aku mendesain kaos, pin, poster, thumbler (tempat minum), alas mouse pad, sticker laptop, poster banner, (semua dengan desain buatan ku).

Kelebihan bisnis ini :
  • Produk akan di produksi sesuai dengan jumlah pesanan customer
  • Modal nya berasal dari customer karena bersifat pre-order artinya customer membayar lunas semua baru akan di cetak
  • Keuntungan jelas bisa di itung
  • Lumayan untuk anak kuliah beli peralatan kuliah
Kekurangan bisnis ini :
  • Bisnis ini musiman

4. Bisnis Online Shop

Bisnis ini aku kerjakan karena ikut-ikut teman, tertarik dari status teman, menggiurkan karena hampir setiap orang melakukan online shop.

Keuntungan bisnis ini bagi ku :
  • Modal bbm untuk promosi di group
  • Gambar di sediakan oleh supplier 
  • Untung mulai 10-30rb/ item
Kekurangan bisnis ini bagi ku :
  • Upload foto setiap hari itu juga belom tentu di liat sama orang di group :D
  • Tingkah customer yang unik-unik
  • Barang yang di kirim dari supplier bermasalah aku yang ga enak sama customer
Satu bisnis yang aku tidak kerjakan semasa kuliah adalah bisnis oriflame, padahal saat itu aku sangat tertarik dengan katalog oriflame punya tante temanku, aku tertarik untuk menjual produk nya hanya dengan menyebar katalog, dan entah kenapa hal itu tidak aku lakukan semasa kuliah *wink

Dan saat ini 2 orang anak kuliahan di team ku punya menghasilan 400rb-800rb sebulan dari bisnis oriflame (Alhamdulillah) gak kepikiran ya dulu bisa punya penghasilan 800rb sebulan semasa kuliah, setara uang bulanan ku,, :D Andai dulu ada yang jelasin bisnis ini kepada ku. Hehe.

Bisnis yang waktu kerjanya flexible, bisa sambil online sambil ngerjain tugas, sambil bersocial media setiap hari, kamu setiap hari Facebook-an? Setiap hari posting di path? Twitter? Bisa buat blog? Berniat belajar bisnis dari muda? Pengen tamat kuliah gak perlu cari kerja lagi? Yuk coba lihat penjelasan di web berikut ya... testimony beberapa anak muda yang sukses bisnis oriflame, apakah kamu the next one?

sumber : http://www.kejarimpianmu.com/

0 comments:

Post a Comment