Saturday 13 June 2015

XML kepanjangan dari Extensible Markup Language atau bahasa markup yang dapat mendefinisikan aturan dokumen encoding yang dapat terbaca oleh manusia dan mesin. Mungkin anda bertanya tanya apa manfaat melakukan edit XML android. Dengan adanya desain XML maka akan menekankan pada kesederhanaan, umum dan penggunaan internet, meskipun XML berfokus pada dokumen akan tetapi XML ini merupakan format data tekstual dengan dukungan yang kuat melalui adanya unicode bahasa dunia. Dalam melakukan edit XML terbilang rumit sehingga diperlukan kosentrasi, hal ini akan berhubungan dengan mengedit file framework yang terdapat di android.
1.  Pertama kali anda dapat mendownload APK Tools kemudian anda menyimpannya di sebuah folder di CP anda.
2.  Setelah di download anda dapat mengedit menggunaan APK Tools, pertama anda dapat menjalankan file Command Prompt.bat maka akan tampil halaman command prompt kemudian anda dapat mengetik perintah apktool if framework-res.apk untuk dapat menginstal file.
3.  Apabila proses anda berhasil maka anda dapat melanjutkannya dengan cara membongkar file XML dan bisa modif image GUI dari file tersebut. Pada kesempatan ini saya akan mencontohkan cara merubah defaulth color dari Progress Horizontal.
4.  Bagi anda yang akan mengubah defaulth color dari Progress Horizontal anda dapat masuk ke directory dari APK Tools kemudian masuk ke APK Tools/frameworks-res/res/drawable
5.  Anda dapat menemui file progress_horizontal.xml untuk mendapatkan progress horizontal color yang anda inginkan. Disarankan menggunakan notepad++.
6.  Anda dapat membuka notepad++ kemudian anda dapat meniru nilai color ROM ICS.
7.  Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, maka anda dapat menunjukan warna dari nilai yang bertanda (#) maka anda dapat menganti dengan cara mengubah nilai color sesuai dengan yang anda inginkan. Save hasi editan anda kemudian siap melakukan proses compile file apk.
8.  Selanjutnya anda buka folder build sehingga masuk ke folder apk kemudian file resources.arsc dan kemudian klik kanan folder res selanjutnya pilih open in new window dari jendela windows yang keluar kemudian anda masuk ke directory hasul moding file progress_horizontal.xml
9.  Kemudian anda masuk ke folder build kemudian masuk ke folder apk sehingga anda mendapati file resources.arsc kemudian klik kanan folder res dan anda dapat memilih open in new window dari jendela window yang keluar. Selanjutnya anda dapat masuk ke directory moding file progress_horizontal.xml.
10. Selanjutnya dua file Drag And Drop ke file utama framework-res.apk  yang ada didalam folder APK Tools. Silahkan anda buka framework-res.apk  dengan WinRar kemudian selanjutnya Drag And Drop kedua file tersebut ( resources.arsc dan progress_horizontal.xml ) ke jendela aplikasi WinRar yang telah aktif pada file framework-res.apk seperti gambar dibawah ini :

 
Menarik?? Bantu Share Yuk
sumber : http://bisikan.com/

0 comments:

Post a Comment