Monday 8 June 2015

Jurang Mengerikan Baru di Lautan Siberia

Peneliti Temukan Tujuh Jurang Mengerikan Baru di Lautan Siberia

Peneliti Temukan Tujuh Jurang Mengerikan Baru di Lautan Siberia
Lautan Arktik yang Mulai Meleleh karena Mentana (Foto : New Scientist)

ARKTIK – Para peneliti mengungkapkan telah menemukan tujuh jurang menganga di lautan Siberia, yang disebabkan oleh kantong metana yang meledak. Sehingga membuat lapisan permukaan es di laut Arktik tersebut mencair dan membentuk pola permukaan baru.
Kantong metana yang meledak menjadikan lapisan es mencair, dan itu dianggap para ilmuwan sebagai bahaya besar bagi lapisan Bumi lainnya. Mencairnya permukaan es pada laut Arktik bisa memberikan dampak permukaan laut yang semakin tinggi.
Metana diklaim para ilmuwan merupakan bom waktu yang bisa memberikan dampak yang sangat berbahaya. Pasalnya, kantong tersebut bisa memberikan pelepasan besar yang tiba-tiba dan hal tersebut merupakan hasil atau efek dari gas rumah kaca.
Peneliti juga mengungkapkan bahwa bila kantong metana yang memiliki muatan besar kembali terjadi, maka hal itu bisa disebut sebagai kiamat metana. Efek rumah kaca yang menimbulkan bom metan, bisa menjadikan pemanasan cepat Bumi.
Beberapa ilmuwan kini telah mengeluarkan peringatan mengenai bom metana tersebut, bahkan tim peneliti kini membentuk badan baru yang disebut Arktik Methane Darurat Group. Demikian seperti dilansir dari New Scientist, Rabu (27/5/2015).
 sumber : http://www.okezone.com/

0 comments:

Post a Comment